Pendidikan Islam memandang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai tantangan yang harus dihadapi dan dikuasai sehingga generasi muslim tidak tertinggal oleh kebudayaan yang berkembang. Namun demikian, perlu dipikirkan bagaimana agar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari nilai-nilai ajaran Islam. Usahanya antara lain dengan islamisasi ilmu pengetahuan yang merupakan proses pengembalian atau pemurnian ilmu pengetahuan pada prinsip-prinsip yang hakiki, yakni prinsip-prinsip at-Tauhid, prinsip kesatuan makna kebenaran, dan prinsip kesatuan sumber ilmu pengetahuan Pendidikan Islam harus bersikap mengarahkan dan mengendalikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga tetap berpijak pada sumber agama Islam, yaitu al-Qur’an dan al-Hadis. Ada dua strategi yang ditawarkan oleh Chabib Thoha dalam pendidikan Islam, yaitu strategi global dan strategi sektoral. Dalam strategi global, ada dua pendekatan, yakni pendekatan sistemik dan pendekatan proses. Dalam strategi sektoral ada tiga pendekatan yang ditawarkan, yakni islamisasi ilmuwan, islamisasi Iptek, serta penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan strategi dan pendekatan di atas, diharapkan pendidikan Islam dapat memproduk para ilmuwan muslim yang mampu menguasai dan menciptakan Iptek yang berpijak pada nilai-nilai islami serta berorientasi kepada kesejahteraan dunia dan akhirat.
PDF : https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&ved=0CEYQFjAD&url=http%3A%2F%2Fportalgaruda.org%2Fdownload_article.php%3Farticle%3D49266%26val%3D3912&ei=G5bqUvX5NMaLrQfH_4HABQ&usg=AFQjCNEwcwsGChFHZN5X6zT8CAzYR05jOg&sig2=rkBvQeJbCUOR7t0LWsC4hA&bvm=bv.60444564,d.bmk
sumber : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=49266&val=3912
Jumat, 31 Januari 2014
02.02 | by Unknown | Categories: Umum
| No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar